-->

Materi Tujuan Pembelajaran Instruksional

Materi Tujuan Pembelajaran Instruksional
BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Tujuan instruksional merupakan penjabaran dari tujuan pendidikan dalam sistem pendidikan, secara nasional tujuan pendidikan tercantum dalam pembukaan Undang undang dasar 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Gambaran tentang ciri ciri kedewasaan yang perlu dikembangkan pada anak didik dapat ditemukan dalam penentuan perumusan mengenai tujuan pendidikan, baik pada taraf nasional maupun taraf pengelolaan institusi pendidikan. 

Perumusan suatu tujuan pendidikan yang menetapkan hasil yang harus diperoleh siswa selama belajar, dijabarkan atas pengetahuan dan pemahaman, keterampilan, sikap dan nilai yang telah menjadi milik mahasiswa. Adanya tujuan tertentu memberikan arah pada usaha para pengelola pendidikan dalam berbagai taraf pelaksanaan. Dengan demikian usaha mereka menjadi tidak sia sia karena bekerja secara profesional dengan berpedoman pada patokan yang jelas. 

Menurut Winkel W.S (2004) berkaitan dengan penentuan tujuan pendidikan perlu dibedakan antara pengelolaan pendidikan pada taraf (1) Organisasi makro dimana sistem pendidikan sekolah pada taraf nasional, dengan penjabarannya dalam jenjang jenjang dan jenis jenis pendidikan sekola, yang semuanya harus menuju ke pencapaian tujuan pendidikan nasional sesuai dengan progam pendidikan masing masing; (2) Organisasi meso dimana pengaturan progam pendidikan di sekolah tertentu sesuai dengan ciri ciri khas jenjang tertentu dan jenis pendidikan yang di kelola sekolah itu; (3) Organisasi mikro dimana perencanaan dan pelaksanaan suatu proses belajar mengajar tertentu di dalam kelas yang diperuntukkan kelompok siswa tertentu.

Tujuan instruksional ternyata masuk ke dalam organisasi mikro karena mencakup kesatuan bidang studi tertentu yang menjadi pokok bahasan seperti tercantum pada bagan hubungan hierarkis antara berbagai tujuan pendidikan sekolah.

B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
            Untuk membahas tentang tujuan pembelajaran/instruksional secara keseluruhan.

2.      Tujuan Khusus
a.      Untuk membahas tujuan instruksional.
b.      Untuk membahas taksonomi tujuan kognitif.
c.      Untuk membahas taksonomi tujuan psikomotorik.
d.      Untuk membahas taksonomi tujuan afektif.
e.      Untuk membahas integrasi tujuan kognitif dan afektif dalam pembelajaran.

C.     Manfaat

1. Bagi instansi pendidikan
Dapat menambah referensi kepustakaan yang menjadi rujukan mahasiswa kebidanan pendidik dalam mendalami teori belajar dan mengajar.

2. Bagi mahasiswa
Dapat di jadikan acuan dalam mempelajari teori belajar mengajar untuk memperluas wawasan ketika melakukan praktek mengajar.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser