-->

Makalah Pemberian Obat Secara Parenteral

Makalah Pemberian Obat Secara Parenteral
Penyusun                 : Muhammad Khatami
Sekolah                    : SMK Kesehatan Aceh Nusantara, Nisam
Guru pembimbing   : Widia Wati, S.ST

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Hasil gambar untuk injection
Salah satu bentuk sediaan steril adalah injeksi. Injeksi adalah sediaan steril berupa larutan, emulsi atau suspensi atau serbuk yang harus dilarutkan atau disuspensikan terlebih dahulu sebelum digunakan yang disuntikkan dengan cara merobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau selaput lendir. Dimasukkan ke dalam tubuh dengan menggunakan alat suntik.

Suatu sediaan parenteral harus steril karena sediaan ini unik yang diinjeksikan atau disuntikkan melalui kulit atau membran mukosa ke dalam kompartemen tubuh yang paling dalam. Sediaan parenteral memasuki pertahanan tubuh yang memiliki efesiensi tinggi yaitu kulit dan membran mukosa sehingga sediaan parenteral harus bebas dari kontaminasi mikroba dan bahan-bahan beracun dan juga harus memiliki kemurnian yang dapat diterima.

1.2. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan pemberian obat parenteral?
2. Apa tujuan Pemberian secara parenteral?
3. Bagaimana caranya memberikan?
4. Mengenal tindakan sesuai SOP.

1.3. Tujuan
Dengan membaca makalah ini diharapkan kita mengetahui dan mengerti akan cara pemberian sesuai SOP dan melaksanakan mengingat SOP sangatlah penting.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Definisi Pemberian Obat Parenteral
Memasukan obat tertentu ke dalam jaringan tubuh dengan cara merobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau selaput lendir atau menembus suatu atau lebih lapisan kulit atau membran mukosa menggunakan alat suntik ( depkes RI 1994 ).

Obat dimasukan ke dalam kulit, dibawah kulit, kedalam otot dan ke dalam vena dan pemberian ini lebih cepat diserap daripada melalui oral ( WHO 1998 ). Jadi pemberian obat perenteral adalah pemberian obat atau cairan dengan cara dimasukan langsung kedalam kulit, dibawah kulit, kedalam otot ataupun ke dalam vena.

2.2. Tujuan
Adapun tujuan dari pemberian obat secara parenteral yaitu sebagai berikut:
Mencegah penyakit dengan jalan memberikan kekebalan atau imunisasi (misalnya DPT, BCG), dan lain-lain.
  1. Mempercepat reaksi obat dalam tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan.
  2. Melaksanakan uji coba obat
  3. Melaksanakan tindakan diagnostik
Pemberian obat parenteral diberikan kepada :
  1. Pasien yang memerlukan obat dengan reaksi cepat.
  2. Klien yang tidak bisa diberikan obat melalui mulut
  3. Klien dengan penyakit tertentu yang hanya bisa mendapatkan pengobatan secara suntikan ( misalnya insulin)
2.3. Mengenal Alat Injeksi
Untuk memberikan obat secara parenteral perawat menggunakan vial atau ampul, spuit dan jarum. Spuit mempunyai 3 bagian yaitu ujung yang berhubungan dengan jarum, bagian luar atau barrel dimana skala tercetak biasanya dalam mililiter, yang terakhir adalah plunger yang pas dengan bagian dalam barrel dan digunakan untuk mendorong obat dalam jarum. Ingat spuit plastik harus dibuang setelah dipakai.

Jarum, memiliki tiga bagian juga yaitu ; hub bagian yang dilepaskan dari spuit, batang tipis yang dipasang pada hub, bevel yaitu bagian landai di ujung. Jarum dengan diameter terbesar adalah gauge 14 dan yang terkecil adalah gauge 28.

2.4. Macam Cara Pemberian Obat Parenteral
Penyuntikan dilakukan dengan cara :
  •     Intra cutan
  •     Subcutan
  •     Intra muscular
  •     Intravena
  •     Perbolus ( prinsip sama dengan intravena )
2.5. Cara Pemberian Injeksi
Injeksi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh hampir setiap perawat juga harus dapat melakukannya. Namun pemberian obat ini juga harus mengetahui dimana tempat yang seharusnya dilakukan. 

2.6. Hasil Analisa
1. Kesenjangan
a. Kesenjangan antara SOP dengan realita
Pada dasarnya prinsip pemberian injeksi ini sama baik yang dilakukan secara SOP yang kami dapat dari kampus atau yang di realita lapangan, prinsip inilah yang terpenting untuk kita ketahui. Masalah perbedaan yang kami dapat hanyalah dari peralatan, dimana dilapangan perawat hanya menenteng spuit dan kapas alkohol saja, ditambah torniquet jika melakukan injeksi intravena.
Namun ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan perawat di lapangan yaitu komunikasi teraupetik yang semakin lama pudar karena rutinitas, kadang perawat kurang memperhatikan hal itu. Justru kami yakin bahwa kesehatan bukan hanya diobati dari fisik saja namun juga dari jiwa.

b. Faktor Penyebab Kesenjangan
Perawat hanya mengedepankan prinsip pemberian saja yang merupakan prinsip pokok.
Efisiensi waktu dan alat. Untuk kesenjangan dalam hal komunikasi untuk memperhatikan dan memotivasi jiwa hal ini dikembalikan kepada pribadi masing – masing namun penyebab kesenjangan ini mungkin karena perawat merasa klien sudah ada keluarga yang menemaninya. Klien sudah besar dan bisa ngurus dirinya sendiri kecuali klien struk dan koma, perawat sudah lama bekerja sehingga bosan untuk komunikasi yang lebih dekat ataupun perawat sudah memiliki cara tersendiri dalam menghadapi klien.

c. Solusi Kesenjangan
Untuk masalah alat dimana perawat hanya membawa alat seadanya dan tidak sesuai SOP kita harus mengerti bahwa SOP di susun sebagai suatu acuan yang nyaman, aman dan rupawan. Jika dilakukan maka klien nyaman, kita dan klien aman serta dipandang berseni. Perlu diingat Standard operasional Prosedur keperawatan disusun sebagai cara tepat, cepat dan manfaat dengan memperhatikan efektifitas dan efisien.

2. Untuk masalah komunikasi
Bahwa konsep dasar keperawatan menurut ROY dengan adaptasinya menggambarkan bahwa manusia juga memerlukan  perhatian kesehatan jiwa. Kita meyakini bahwa orang sakit fisiknya biasanya kondisi jiwanya lemah. Kesehatan jiwa juga sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Bagaimana klien sehat jika fisiknya sakit terus jiwanya disakiti.
Untuk itu kita bisa mengerti dan memilih mana yang baik yaitu kita mengobati fisik klien dengan memperhatikan bebannya. Kita jadi perawat yang multifungsi.

3. Keuntungan Melakukan Prasat Sesuai SOP dan Tidak Sesuai SOP
a. Sesuai SOP
Kita akan menjadi perawat yang berkualitas, sebagai perawat yang tidak hanya memberi perawatan fisik namun juga jiwa, klien merasa nyaman, kita dan klien merasa aman serta dipandang orang kita sangat rupawan.  Pekerjaan kita lebih tertata, efektif dan efisien.

b. Tidak sesuai SOP
Tidak ada keuntungannya hanya prinsipnya saja yang terpenuhi.

c. Kerugian melakukan prasat sesuai SOP dan tidak sesuai SOP
Tidak akan pernah ada kerugiannya karena SOP disusun sebagai standard acuan yang sudah memperhatikan fakta dilapangan dan melakukan tindakan tidak sesuai SOP akan menjadi masalah baik ringan ataupun fatal. Kita mengetahui jika obat salah pemberian bisa menjadikan fatal, namun jika hanya beberapa alat misal bengkok mungkin tak menjadi masalah namun  tetap dipandang kurang indah karena tidak ada tempat untuk membuang.

Catatan :
Keterbatasan alat tidak menjadi masalah karena perawat dituntut untuk kreatif, kita bisa menjadikan sesuatu untuk mengganti kekurangan, misal bekas plabot menjadi bengko, dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Memasukan obat tertentu ke dalam jaringan tubuh dengan caramerobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau selaput lendir atau menembus suatu atau lebih lapisan kulit atau membran mukosa menggunakan alat suntik ( depkes RI 1994 ). Obat dimasukan ke dalam kulit, di bawah kulit, kedalam otot dan ke dalam vena dan pemberian ini lebih cepat diserap daripada melalui oral ( WHO 1998 ). 
Jadi pemberian obat perenteral adalah pemberian obat atau cairan dengan cara dimasukan langsung kedalam kulit, dibawah kulit, kedalam otot ataupun ke dalam vena.

Penyuntikan dilakukan dengan cara: 1) Intra cutan 2) Subcutan 3) Intra muscular 4) Intravena 5) Perbolus  prinsip sama dengan intravena).

Pada dasarnya prinsip pemberian injeksi ini sama baik yang dilakukan secara SOP yang kami dapat dari kampus atau yang di realita lapangan, prinsip inilah yang terpenting untuk kita ketahui. Masalah perbedaan yang kami dapat hanyalah dari peralatan, dimana dilapangan perawat hanya menenteng spuit dan kapas alkohol saja, ditambah torniquet jika melakukan injeksi intravena.

Namun ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan perawat di lapangan yaitu komunikasi teraupetik yang semakin lama pudar karena rutinitas, kebosanan dan merasa profesional. Justru kami yakin bahwa kesehatan bukan hanya diobati dari fisik saja namun juga dari jiwa.

DAFTAR PUSTAKA

Ditjen POM, (1979), Farmakope Indonesia, Edisi III, Depkes RI, Jakarta.
WHO, (1998 ), Nursing care of the sick: A guide for nurses working in small rural hospitals.
Departemen kesehatan RI, dirjenyanmed, 1991. Prosedur keperawatan Dasar, Direktorat rumah sakit dan pendidikan.
http: // arsegofconfb.blogspot.com

Admin
How nice can share update information with you...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser