-->

Bintang Tiga, Orion

Bintang Tiga, Orion
Orion
Menurut saya, bintang 3 adalah primadonanya langit malam. Hal itu membuat saya, dan saya yakin banyak orang pun demikian; merasa terpesona dengannya. Lalu apakah mereka benar-benar bintang atau planet? Tentu saja bintang. Sebab apabila kita melihat dengan jeli, tentu saja tedapat perbedaan antara bintang dan planet. Sebagai salah satu tanda, planet tidak berkelap-kelip dan bintang kebalikan dari itu. 

Bintang 3, atau bintang yang berderet tiga tersebut adalah rasi bintang Orion atau konstelasi orion. Selain bintang tersebut, terdapat empat bintang lagi yang berada di rasi ini. Dan apabila kita perhatikan dengan penuh ketelitian, tampak kabut tipis sayup-sayup disebelah kanan bintang tiga itu. Kabut tersebut adalah nebula, yang merupakan rahimnya para bintang, tempat bintang-bintang lahir. Nebula yang terdapat pada rasi orion ini disebut dengan nebula orion dan memiliki kode messier M42 atau Messier 42.

Tentu saja, bagi kita yang sering memperhatikan bintang tiga tersebut, kita akan penasaran tentang segala sesuatu mengenai mereka. Contohnya adalah penasaran tentang nama. Nama-nama bintang pada rasi orion cukuplah mudah diingat karena nama nya yang cukup unik dan hampir sama. Nama bintang tiga yang sejajar itu adalah Mintaka, Alnilam dan Alnitak.  Dua bintang lainnya yang berada di sebelah kiri, yang satunya terang dan satunya lagi redup: yang terang bernama Rigel dan yang redup bernama Saiph. Kemudian disisi kanan tiga bintang tiga sejajar itu ada 2 bintang lagi, satu berwarna merah dan satunya redup berwarna putih. Bintang yang berwarna merah ini bernama Betelgeuse sedang yang berwarna putih bernama Bellatrix. Dari ke tujuh bintang ini bila kita tarik garis lurus dari satu bintang ke bintang lainnya akan membentuk sebuah wilayah dan wilayah inilah yang disebut dengan rasi bintang.

Bintang tiga, Orion
Sekilas apabila kita perhatikan, nampak bintang-bintang tersebut seolah “menempel bersama” dilangit malam, namun sesungguhnya dari ketujuh bintang yang telah disebutkan di atasmemiliki jarak antar bintang yang cukup jauh. Mintaka berjarak 900 tahun cahaya, Alnilam 1.359 tahun cahaya dan Alnitak 800 tahun cahaya. Bila kita ibaratkan, kita sedang melihat 3 sepeda motor dari depan – yang berhenti kemudian menyalakan lampu depan nya. Jarak antar sepeda motor itu antara depan dan belakang berselisih 1 meter namun saat kita melihatnya tepat di depan sepeda motor itu pada jarak sekitar 100 meter yang akan kita lihat bahwa ketiga lampu sepeda motor seolah-olah tidak memiliki jarak alias ketiga sepeda motor itu berdekatan.

Sekian.
Hanya menambah pengetahuan diri sendiri, dan Alhamdulillah bila berguna bagi orang lain ^_^
Admin
How nice can share update information with you...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser