-->

Mawar, Si Cantik yang Kaya Manfaat

Mawar, Si Cantik yang Kaya Manfaat
Mawar, Si Cantik Kaya ManfaatMawar dalah tanaman hias yang paling banyak diminati. Hal itu karena ia cantik namun juga mempunyai aroma yang menyenangkan. Namun, dibalik kecantikannya ternyata ia memiliki manfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Bagi dunia kecantikan, bunga mawar sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Sedangkan dalam dunia kesehatan, bunga mawar dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, diare, serta infeksi saluran kemih. 


Bunga ini sering dijumpai di florist atau di pasar tradisional. Bunga mawar disimbolkan sebagai simbol kasih sayang. Kesan romantis yang ditimbulkan pun semakin kuat terlihat dari keindahan warna serta aromanya. Maka dari itu, banyak yang memilih bunga mawar ini untuk diberikan kepada orang yang dikasihi. Pada tahun 1968, presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya. Tak heran sekitar 85% konsumsen mawar di seluruh dunia ada di Amerika Serikat. Mawar yang disimbolkan sebagai lambang kasih sayang ini membuat penjualannya melonjak pada hari-hari perayaan yang berkaitan dengan kasih sayang seperti valentine dan hari ibu.Baiklah, berikut beberapa manfaat dari si cantik ini, yaitu sebagai berikut:

1. Menghilangkan Jerawat
Air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar untuk melawan jerawat.

2. Perawatan Kulit
Air mawar dapat menyeimbangan produksi serum pada kulit. Hal ini dapat digunakan baik untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

3. Kesehatan Rambut
Air mawar baik untuk kesehatan rambut karena dilengkapi dengan penyejuk alami yang dapat melembapkan. Cukup tuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Bisa juga digunakan setelah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Selain itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan memberantas ketombe.

4. Kesehatan Mata
Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan secara rutin untuk menghindari infeksi mata.

5. Untuk Miss V
Tahukah Anda? Perawatan seperti spa biasanya menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan keharuman air mawar yang khas dan bermanfaat untuk organ intim Anda. ‘Cuci’ Miss V dengan air hangat matang yang telah dicampur dengan air mawar.

Mawar, Si Cantik Kaya Manfaat6. Mengatasi bengkak pada kaki
Caranya dengan mengambil 2-3 bunga mawar lalu ditambah 30gram daun sembung setelah itu cuci bersih. Kemudian rebus dengan air 600ml lalu minum airnya selama 2 kali sehari.

7. Roseship
Rosehip ini adalah buah dari biji bunga mawar. Selain digunakan untuk bahan produk kecantikan, buah yang satu ini berhasil menurunkan tekanan darah, dan tingkat kolesterol pada tubuh manusia.
Tidak hanya bunga mawar, tanaman hias yang bisa digunakan sebagai obat tapi banyak bunga-bunga lainnya. Misalnya, bunga melati dan bunga kenanga yang sebelumnya pernah kita ulas.

Hebatnya, ternyata kandungan vitamin C pada kelopak mawar ternyata lebih besar dari buah-buahan seperti apel, pir, ceri dan almond. Selain banyak mengandung vitamin C, bunga mawar juga mengandung banyak manfaat lain seperti melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, anti radang, menghilangkan bengkak dan menetralisir racun. 

Manfaat Kegunaan Bunga Mawar 

(Khusus untuk kesehatan)


  1. Aroma mawar sejak jaman dahulu dipercaya untuk mengatasi stress dan anti depresi. Karena itulah mawar dipakai sebagai bunga hias yang biasa ditaruh di dalam rumah.
  2. Kandungan zat yang menenangkan pada mawar dapat menjadi efek terapi untuk meringankan sakit kepala yang menyerang.
  3. Kandungan polifenol pada mawar dapat melembabkan kulit. Sedangkan kandungan omega 3 dan omega 6 pada mawar dapat memperbaiki kerusakan kulit. Kandungan vitamin C  yang tinggi pada mawar pun dapat meingkatkan kolagen pada tubuh yang salah satu fungsinya dapat menyehatkan mata.
  4. Mengatasi bengkak, caranya cuci bersih bunga mawar lalu ditambah daun sembung. Rebus dengan air sekitar 600ml lalu minum airnya 2 kali sehari.
  5. Meringakan gangguan kesehatan seperti batuk. Seduh bunga mawar dengan air panas. Tambahkan gula secukupnya lalu minum 2 kali sehari untuk meringankan batuk. Untuk serangan campak dan melancarkan siklus haid pun bisa dilakukan dengan cara yang sama
  6. Akar mawar dapat digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Cukup keringkan akar mawar, rebus, lalu minum air saringannya
  7. Mengatasi masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima. Pengobatan ini sudah dipercaya masyarakat India sejak dulu.


Itu dia beberapa manfaat mawar, semoga bermanfaat ^_^

Admin
How nice can share update information with you...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser